Kamis, 14 Februari 2013

Contoh Surat Pengunduran Diri

        Surat pengunduran diri atau resign letter adalah surat yang dibuat oleh seorang karyawan (baik  PNS, Swasta dan lain - lain) kepada atasan ataupun instansi terkait yang bertujuan untuk memperoleh izin guna untuk berhenti atau keluar dari pekerjaan dimana ia bekerja, dengan suatu alasan tertentu. 
              Surat pengunduran diri memang sangat mempengaruhi akan di izinkan atau tidaknya seseorang dalam mengundurkan diri dari instansi tempatnya bekerja, karena dalam surat pengunduran diri terdapat hal terpenting yaitu alasan dari pengunduran diri itu sendiri. Sekalipun dalam prakteknya surat pengunduran diri terkadang hanya berfungsi sebagai formalitas bagi birokrasi pada suatu perusahaan atau instansi tertentu. misalnya saja perusahaan yang sedang pailit atau kebijakan dari pimpinan yang mengharuskan satu atau bahkan beberapa karyawan untuk di PHK dengan alasan tertentu. Di sini surat pengunduran diri biasanya dibuat oleh perusahaan dan karyawan hanya akan disuruh untuk menandatangani pemecatan atas dirinya sendiri, karena perusahaan tidak mau terbelit masalah hukum ketenagakerjaan. Sungguh ironis memang, namun itulah fakta seputar surat pengunduran diri yang telah menjadi rahasia umum di dalamnya.
         Dalam fungsi yang sebenarnya, surat pengunduran diri biasanya memang telah termuat dalam perjanjian kontrak kerja maupun perjanjian kerja lain saat karyawan baru hendak mulai bekerja. Biasanya perusahaan mewajibkan bagi karyawan yang ingin keluar atau berhenti bekerja untuk mengajukan surat pengunduran atas dirinya sejak dua bulan sebelum ia benar-benar berhenti bekerja. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan bisa segera melakukan proses recruitmen atau mencari karyawan pengganti bagi karyawan yang ingin mengundurkan diri. 
            Nah berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri yang saya buat sendiri untuk seorang teman beberapa bulan yang lalu. Nama dan perusahaan sengaja saya samarkan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat ya :D
CONTOH SURAT PENGUNDURAN DIRI:
Jakarta , 05 desember 2012

Kepada Yth,
Pimpinan Perusahaan
PT. Sukses Selalu
Jl. Kemenangan no 12 (Jak-Pus)


          Dengan hormat

Yang bertandatangan dibawah  ini saya,

Nama          : Angelina Jolie
Jabatan       : Receptionist

Dengan ini mengajukan  permohonan pengunduran diri dari PT. Sukses Selalu sebagai Receptionist, terhitung sejak tanggal 01 februari 2013  karena akan menjalani proses persalinan dan mengurus rumah tangga.

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bergabung di PT. Sukses Selalu. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Sukses Selalu apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja. Saya berharap selalu, PT. Sukses Selalu dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.


       Hormat Saya,


       Angelina Jolie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar